Baso Basri · Diary Ku · Hotspot · Hub · Internet · Jaringan · Kabel Jaringan · Komputer · Notebook · Printer · Sharing

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER DIRUMAH

Hal pertama dan utama: Apa itu jaringan? Jaringan adalah kumpulan komputer yang saling berhubungan melalui beberapa cara dengan tujuan berbagi sumber daya dan transfer informasi. Istilah teknis untuk jenis jaringan komputer digunakan di rumah dan bisnis adalah LAN (Local Area Network). Bisnis telah menggunakan LAN dalam waktu yang lama lebih dari 20 tahun. Jika Anda tidak akrab dengan istilah LAN, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda belum pernah mendengar tentang LAN sebelum sekarang? Jawabannya mungkin karena selama ini anda bekerja pada lembaga yang tidak mempunyai jaringan komputer.

Dengan meningkatnya koneksi internet kecepatan tinggi di rumah, jaringan rumah telah menjadi lebih praktis, bermanfaat, dan diinginkan untuk lebih bersifat individu dan keluarga. Artinya setiap orang bisa terkonek internet secara mandiri melalui satu jaringan. Manfaat yang Anda dapat nikmati dari menghubungkan komputer Anda bersama-sama di rumah, dan menciptakan jaringan rumah, antara lain:

  1. Berbagi Internet kecepatan tinggi: Bukan hanya memuaskan satu komputer ke kecepatan tinggi-(DSL, kabel, ISDN, atau koneksi Internet apapun yang Anda gunakan), tetapi Anda dapat menggunakan jaringan rumah Anda untuk mendistribusikan akses ke semua komputer di rumah. Tidak ada lagi “perebutan internet” dirumah; setiap orang dapat dihubungkan ke dunia digital pada waktu yang sama.
  2. Berbagi file: Pada jaringan rumah Anda, Anda tidak perlu menggunakan flash disk atau membakar CD atau menggunakan eksternal drive untuk mendapatkan file dari satu komputer ke komputer lain. Sebaliknya, Anda dapat melihat dan mengakses semua file dari semua komputer dari komputer masing-masing. Untuk mentransfer file antara PC dalam jaringan, Anda hanya membutuhkan dua atau tiga klik, drag dan drop, atau copy dan paste, dan proses selesai.
  3. Berbagi printer: jaringan rumah Anda juga dapat membantu Anda berbagi printer Anda di antara semua komputer dirumah. Ini bagus jika di rumah Anda memiliki beberapa komputer sementara printer hanya satu. Anda dapat mencetak ke printer dari komputer manapun.
  4. Play multiplayer game: Anda dapat bermain game multiplayer melawan atau dengan orang lain pada jaringan rumah Anda. Satu pemain bisa berada di PC ruang keluarga, dan yang lainnya bisa dengan laptop nirkabel. Sebuah jaringan rumah juga akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk menempatkan konsol permainan video Anda secara online, sehingga Anda dapat berhadapan dengan gamer di seluruh dunia.
  5. Share multimedia: Anda dapat mentransfer dan berbagi foto dengan Wi-Fi-enabled kamera digital atau bingkai foto digital.
  6. Meningkatkan hiburan: Sebuah jaringan rumah juga dapat membuka jalan hiburan baru. Jaringan media player TiVo dapat memberikan akses musik online dan layanan dari TV Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s