Artikel · Bahasa · Baso Basri · Campuran · Hari Spesial · Indonesia / Politik · Jakarta · Makna · Sahabat

ISI PIDATO OBAMA DI UNIVERSITAS INDONESIA

INILAH ISI PIDATO PRESIDEN AS OBAMA DI UNIVERSITAS INDONESIA.

Terima kasih atas sambutan ini indah. Terima kasih kepada masyarakat Jakarta. Dan terima kasih kepada masyarakat Indonesia, PULANG KAMPUNG NIH…

Saya sangat senang bahwa saya berhasil ke Indonesia, dan bahwa Michelle mampu bergabung dengan saya. Kami memiliki beberapa palsu dimulai tahun ini, tapi saya bertekad untuk mengunjungi negara yang sangat berarti bagi saya. Sayangnya, itu kunjungan yang cukup cepat, tapi saya berharap untuk datang kembali tahun dari sekarang, ketika Indonesia menjadi tuan rumah KTT Asia Timur.

Sebelum saya pergi lebih jauh, saya ingin mengatakan bahwa pikiran kita dan doa-doa dengan semua orang Indonesia yang terkena dampak tsunami dan letusan gunung berapi baru-baru ini – terutama mereka yang telah kehilangan orang dicintai, dan mereka yang telah mengungsi. Seperti biasa, Amerika Serikat berdiri dengan Indonesia dalam menanggapi bencana alam ini, dan kami senang dapat membantu jika diperlukan. Sebagai tetangga membantu tetangga dan keluarga mengambil para pengungsi, saya tahu bahwa kekuatan dan ketahanan rakyat Indonesia akan menarik Anda melalui sekali lagi.

Mari saya mulai dengan pernyataan sederhana: Indonesia adalah bagian dari diriku. Saya pertama kali datang ke negara ini ketika ibu saya menikah dengan seorang pria Indonesia bernama Lolo Soetoro. Sebagai seorang anak muda, saya datang ke dunia yang berbeda. Tetapi rakyat Indonesia cepat membuat saya merasa di rumah.

Jakarta terlihat sangat berbeda pada hari-hari. Kota ini penuh dengan bangunan yang tidak lebih dari beberapa cerita tinggi. Hotel Indonesia adalah salah satu dari beberapa susun, dan hanya ada satu merek baru yang disebut pusat perbelanjaan Sarinah. Betchaks kalah jumlah mobil pada hari-hari, dan jalan raya dengan cepat memberi jalan untuk jalan beraspal dan kampung.

Kami pindah ke Menteng Dalam, di mana kami tinggal di sebuah rumah kecil dengan sebuah pohon mangga di depan. Aku belajar untuk mencintai Indonesia sementara terbang layang-layang, berjalan sepanjang sawah, menangkap capung, dan membeli sate dan baso dari PKL. Kebanyakan dari semua, aku ingat orang-orang – orang tua dan wanita yang menyambut kami dengan senyum, anak-anak yang membuat orang asing merasa seperti tetangga, dan guru yang membantu saya belajar tentang dunia yang lebih luas.

Karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau, ratusan bahasa, dan orang-orang dari sejumlah daerah dan kelompok etnis, waktu saya di sini membantu saya menghargai kemanusiaan umum dari semua orang. Dan sementara ayah tiri saya, seperti sebagian besar orang Indonesia, dibesarkan seorang Muslim, ia sangat yakin bahwa semua agama adalah layak dihormati. Dengan cara ini, ia mencerminkan semangat toleransi umat beragama yang diabadikan dalam konstitusi Indonesia, dan tetap menjadi salah satu karakteristik menentukan dan negara ini inspiratif.

Saya tinggal di sini selama empat tahun – waktu yang membantu membentuk masa kecil saya, ada waktu yang melihat kelahiran adik saya yang luar biasa, Maya, dan waktu yang membuat kesan seperti pada ibu saya bahwa dia terus kembali ke Indonesia selama dua puluh tahun ke depan untuk hidup, bekerja dan bepergian – mengejar kecintaannya untuk mempromosikan peluang di desa-desa di Indonesia, khususnya bagi perempuan dan gadis. Untuk seumur hidupnya, ibuku diadakan tempat ini dan orang-orang yang dekat dengan hatinya.

Begitu banyak yang berubah dalam empat dasawarsa sejak saya naik pesawat untuk pindah kembali ke Hawaii. Jika Anda meminta saya – atau dari sekolahku saya yang mengenal saya saat itu – Saya tidak berpikir salah satu dari kita bisa mengantisipasi bahwa suatu hari aku akan kembali ke Jakarta sebagai Presiden Amerika Serikat. Dan beberapa bisa diantisipasi kisah yang luar biasa dari Indonesia selama empat dekade terakhir.

Jakarta bahwa saya pernah tahu telah berkembang menjadi sebuah kota yang penuh hampir sepuluh juta, dengan gedung pencakar langit yang kerdil Hotel Indonesia, dan berkembang pusat-pusat budaya dan perdagangan. Sementara teman Indonesia saya dan saya digunakan untuk menjalankan dalam bidang dengan kerbau dan kambing, generasi baru Indonesia termasuk yang paling kabel di dunia – terhubung melalui telepon seluler dan jaringan sosial. Dan sementara Indonesia sebagai bangsa muda terfokus ke dalam, Indonesia yang berkembang saat ini memainkan peran kunci di Asia Pasifik dan ekonomi global.

Perubahan ini meluas sampai ke politik. Ketika langkah saya-ayah masih kecil, ia melihat ayahnya sendiri dan kakak meninggalkan rumah untuk berjuang dan mati dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Saya senang berada di sini pada Hari Pahlawan untuk menghormati memori dari Indonesia begitu banyak yang telah mengorbankan atas nama negara besar ini.

Ketika saya pindah ke Jakarta, itu tahun 1967, waktu yang diikuti penderitaan besar dan konflik di bagian negara ini. Meskipun langkah saya-ayah pernah bertugas di Angkatan Darat, kekerasan dan pembunuhan selama waktu pergolakan politik sebagian besar tidak saya ketahui karena itu tak terucapkan oleh keluarga Indonesia dan teman-temanku. Dalam rumah tangga saya, seperti begitu banyak orang lain di seluruh Indonesia, itu adalah kehadiran tak terlihat. Indonesia memiliki kemerdekaannya, tapi rasa takut itu tidak jauh.

Pada tahun-tahun sejak itu, Indonesia memiliki memetakan saja sendiri melalui transformasi demokratis yang luar biasa – dari aturan tangan besi aturan rakyat. Dalam beberapa tahun terakhir, dunia telah menyaksikan dengan harapan dan kekaguman, sebagai warga Indonesia memeluk damai pengalihan kekuasaan dan pemilihan langsung pemimpin-pemimpin. Dan seperti demokrasi Anda dilambangkan oleh Anda Presiden terpilih dan legislatif, demokrasi Anda ditopang dan diperkaya dengan cek dan saldo: sebuah masyarakat sipil yang dinamis, partai politik dan serikat, sebuah media yang dinamis dan bergerak warga negara yang telah memastikan bahwa – di Indonesia – – tidak akan ada jalan untuk kembali.

Tetapi bahkan karena ini tanah muda saya telah berubah dalam banyak hal, hal-hal yang saya belajar untuk mencintai tentang Indonesia – bahwa semangat toleransi yang ditulis ke dalam Konstitusi; dilambangkan di masjid-masjid dan gereja dan kuil, dan diwujudkan pada orang Anda – masih hidup. Bhinneka Tunggal Ika – kesatuan dalam keragaman. Ini adalah dasar dari contoh Indonesia untuk dunia, dan ini adalah mengapa Indonesia akan memainkan peran penting dalam abad ke-21.

Jadi hari ini, saya kembali ke Indonesia sebagai teman, tetapi juga sebagai seorang Presiden yang mencari kemitraan yang mendalam dan kekal antara kedua negara kita. Karena sebagai luas dan beragam negara; sebagai tetangga di kedua sisi Pasifik, dan di atas semua sebagai demokrasi – Amerika Serikat dan Indonesia terikat bersama oleh kepentingan bersama dan nilai-nilai bersama.

Kemarin, Presiden Yudhoyono dan saya mengumumkan, baru Komprehensif Kemitraan antara Amerika Serikat dan Indonesia. Kami meningkatkan hubungan antara pemerintah kita di berbagai daerah, dan – sama pentingnya – kita akan meningkatkan hubungan antara orang-orang kami. Ini adalah kemitraan yang setara, didasarkan pada kepentingan bersama dan saling menghormati.

Dengan sisa waktu hari ini, saya ingin berbicara tentang mengapa kisah saya hanya mengatakan – kisah Indonesia sejak hari-hari ketika saya tinggal di sini – sangat penting bagi Amerika Serikat, dan dunia. Saya akan fokus pada tiga daerah yang terkait erat, dan fundamental untuk kemajuan manusia – pembangunan, demokrasi, dan agama.

Pertama, persahabatan antara Amerika Serikat dan Indonesia dapat memajukan kepentingan bersama kami dalam pembangunan.

Ketika saya pindah ke Indonesia, itu akan sulit membayangkan masa depan di mana kesejahteraan keluarga di Chicago dan Jakarta akan dihubungkan. Tapi ekonomi kita sekarang global, dan Indonesia telah mengalami baik janji dan bahaya globalisasi: dari shock krisis keuangan Asia pada 1990-an untuk mengangkat jutaan keluar dari kemiskinan. Apa artinya – dan apa yang kita pelajari dalam krisis ekonomi baru-baru ini – adalah bahwa kita memiliki saham dalam keberhasilan masing-masing.

Amerika memiliki saham di Indonesia yang sedang berkembang, dengan kemakmuran yang secara luas dibagi di antara rakyat Indonesia – karena kelas menengah meningkat di sini berarti pasar baru untuk barang-barang kami, seperti halnya Amerika adalah pasar untuk Anda. Dan jadi kami berinvestasi lebih di Indonesia, ekspor kita tumbuh hampir 50 persen, dan kami membuka pintu bagi Amerika dan Indonesia untuk melakukan bisnis dengan satu sama lain.

Amerika memiliki saham di Indonesia yang memainkan peran yang sah dalam membentuk ekonomi global. Lewatlah sudah hari-hari ketika tujuh atau delapan negara bisa datang bersama-sama untuk menentukan arah pasar global. Itulah sebabnya G-20 sekarang menjadi pusat kerjasama ekonomi internasional, sehingga negara-negara berkembang seperti Indonesia memiliki suara lebih besar dan menanggung tanggung jawab yang lebih besar. Dan melalui kepemimpinannya kelompok anti-korupsi G-20, Indonesia harus memimpin di panggung dunia dan dengan contoh dalam merangkul transparansi dan akuntabilitas.

Amerika memiliki saham di Indonesia yang mengejar pembangunan berkelanjutan, karena cara kita tumbuh akan menentukan kualitas hidup kita dan kesehatan planet kita. Itulah sebabnya kami mengembangkan teknologi energi bersih yang dapat kekuatan industri dan melestarikan sumber daya alam Indonesia yang berharga – dan Amerika menyambut kepemimpinan yang kuat di negara Anda dalam upaya global untuk memerangi perubahan iklim.

Di atas segalanya, Amerika memiliki saham dalam keberhasilan masyarakat Indonesia. Di bawah berita utama hari itu, kita harus membangun jembatan antara masyarakat kita, karena keamanan masa depan kita dan kemakmuran bersama. Itulah apa yang kita lakukan – dengan peningkatan kerjasama antara para ilmuwan dan peneliti, dan dengan bekerja sama untuk mengembangkan kewirausahaan. Dan saya sangat senang bahwa kami telah berkomitmen untuk melipatgandakan jumlah mahasiswa Amerika dan Indonesia yang belajar di negara masing-masing kami – kami ingin mahasiswa lebih bahasa Indonesia di sekolah-sekolah kita, dan siswa Amerika lebih untuk datang belajar di negeri ini, sehingga kita bisa membina baru ikatan yang terakhir baik ke abad ini muda.

Ini adalah isu-isu yang benar-benar penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Pengembangan, setelah semua, bukan hanya tentang tingkat pertumbuhan dan angka pada neraca. Ini tentang apakah seorang anak bisa belajar keterampilan yang mereka butuhkan untuk membuatnya dalam dunia yang terus berubah. Ini tentang apakah ide yang bagus diperbolehkan untuk tumbuh menjadi bisnis, dan tidak dicekik oleh korupsi. Ini tentang apakah kekuatan-kekuatan yang telah mengubah Jakarta bahwa saya pernah tahu-teknologi dan perdagangan dan aliran orang dan barang – diterjemahkan ke dalam kehidupan yang lebih baik bagi manusia, kehidupan yang ditandai oleh martabat dan kesempatan.

Pembangunan semacam ini tidak terlepas dari peran demokrasi.

Hari ini, kita kadang-kadang mendengar bahwa demokrasi berdiri di jalan kemajuan ekonomi. Ini bukan sebuah argumen baru. Khususnya dalam masa perubahan dan ketidakpastian ekonomi, beberapa orang akan berkata bahwa lebih mudah untuk mengambil jalan pintas untuk pembangunan dengan perdagangan jauh hak-hak manusia untuk kekuasaan negara. Tapi itu tidak apa yang saya lihat di perjalanan saya ke India, dan itu tidak apa yang saya lihat di Indonesia. prestasi Anda menunjukkan bahwa demokrasi dan pembangunan memperkuat satu sama lain.

Seperti demokrasi apapun, Anda telah mengetahui kemunduran di sepanjang jalan. Amerika tidak berbeda. Konstitusi kita sendiri berbicara tentang upaya untuk menempa sebuah “persatuan lebih sempurna,” dan itu adalah sebuah perjalanan yang kita tempuh sejak, abadi Perang Saudara dan perjuangan untuk memperluas hak semua warga negara kita. Tapi justru upaya yang telah memungkinkan kita untuk menjadi lebih kuat dan lebih sejahtera, sementara juga menjadi masyarakat yang lebih adil dan bebas.

Seperti negara-negara lain yang muncul dari penjajahan pada abad lalu, Indonesia berjuang dan berkorban untuk hak untuk menentukan nasib Anda. Itulah Hari Pahlawan adalah semua tentang – sebuah Indonesia yang dimiliki Indonesia. Tapi Anda juga akhirnya memutuskan bahwa kebebasan tidak bisa berarti mengganti tangan yang kuat dari penjajah yang dengan kuat Anda sendiri.

Tentu saja, demokrasi berantakan. Tidak semua orang menyukai hasil setiap pemilu. Anda pergi melalui pasang surut. Namun perjalanan yang berharga, dan melampaui casting surat suara. Dibutuhkan lembaga-lembaga yang kuat untuk memeriksa konsentrasi kekuasaan. Dibutuhkan pasar terbuka yang memungkinkan individu untuk berkembang. Dibutuhkan pers bebas dan sistem peradilan yang independen untuk membasmi penyalahgunaan dan kelebihan, dan untuk menuntut akuntabilitas. Dibutuhkan masyarakat yang terbuka dan warga yang aktif untuk menolak ketimpangan dan ketidakadilan.

Ini adalah kekuatan yang akan mendorong maju Indonesia. Dan itu akan membutuhkan penolakan untuk mentolerir korupsi yang berdiri di jalan kesempatan, sebuah komitmen terhadap transparansi yang memberikan setiap saham sebuah bahasa Indonesia dalam pemerintahan mereka, dan keyakinan bahwa kebebasan yang telah berjuang untuk Indonesia adalah apa yang memegang bangsa yang besar ini bersama-sama .

Itu adalah pesan dari orang Indonesia yang sudah mahir cerita ini demokratis – dari orang-orang yang berperang dalam Pertempuran Surabaya 55 tahun yang lalu hari ini, untuk siswa yang berbaris damai untuk demokrasi pada 1990-an, untuk para pemimpin yang telah memeluk transisi kekuasaan damai di abad muda. Karena pada akhirnya, itu akan menjadi hak-hak warga negara yang akan menjahit bersama ini Nusantara yang luar biasa yang membentang dari Sabang sampai Merauke – penekanan bahwa setiap anak yang lahir di negeri ini harus diperlakukan sama, apakah mereka berasal dari Jawa atau Aceh, Bali atau Papua.

Upaya tersebut meluas ke contoh bahwa Indonesia set luar negeri. Indonesia mengambil inisiatif untuk mendirikan Forum Demokrasi Bali, sebuah forum terbuka bagi negara-negara untuk berbagi pengalaman dan praktek-praktek terbaik dalam mengembangkan demokrasi. Indonesia juga berada di garis depan mendorong untuk lebih memperhatikan hak asasi manusia dalam ASEAN. Negara-negara Asia Tenggara harus memiliki hak untuk menentukan nasib mereka sendiri, dan Amerika Serikat akan sangat mendukung hak itu. Tetapi orang-orang Asia Tenggara harus memiliki hak untuk menentukan nasib mereka sendiri juga. Itulah sebabnya kami dikutuk pemilihan di Burma yang tidak bebas dan adil. Itulah sebabnya kami mendukung masyarakat sipil hidup Anda dalam bekerja dengan mitra di seluruh wilayah ini. Karena tidak ada alasan mengapa menghormati hak asasi manusia harus berhenti di perbatasan negara manapun.

Tangan di tangan, itulah yang pembangunan dan demokrasi adalah tentang – gagasan bahwa nilai-nilai tertentu yang universal. Kemakmuran tanpa kebebasan hanya bentuk lain dari kemiskinan. Karena ada aspirasi bahwa manusia makhluk berbagi – kebebasan Anda mengetahui bahwa pemimpin bertanggung jawab kepada Anda, dan bahwa Anda tidak akan dipenjara karena tidak setuju dengan mereka, kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan bekerja dengan bermartabat, kebebasan untuk latihan iman Anda tanpa rasa takut atau pembatasan.

Agama adalah topik terakhir yang ingin saya alamat hari ini, dan – seperti demokrasi dan pembangunan – itu adalah fundamental bagi kisah Indonesia.

Seperti negara-negara Asia lainnya bahwa saya mengunjungi dalam perjalanan ini, Indonesia kental dengan spiritualitas – tempat di mana orang menyembah Allah dalam berbagai cara. Seiring dengan ini keragaman yang kaya, juga rumah bagi penduduk Muslim terbesar di dunia – suatu kebenaran bahwa Aku datang untuk tahu sebagai seorang anak ketika aku mendengar panggilan untuk doa di seluruh Jakarta.

Sama seperti individu tidak didefinisikan semata-mata oleh iman mereka, Indonesia didefinisikan oleh lebih dari populasi Muslim. Tapi kita juga tahu bahwa hubungan antara Amerika Serikat dan masyarakat Muslim telah terbakar selama bertahun-tahun. Sebagai Presiden, saya telah membuat prioritas untuk mulai memperbaiki hubungan ini. Sebagai bagian dari upaya itu, saya pergi ke Kairo Juni lalu, dan menyerukan untuk sebuah awal baru antara Amerika Serikat dan umat Islam di seluruh dunia – satu yang membuat jalan bagi kita untuk bergerak melampaui perbedaan-perbedaan kita.

Aku berkata itu, dan aku akan mengulangi sekarang, bahwa tidak ada satu pidato bisa membasmi tahun ketidakpercayaan. Tapi aku percaya itu, dan saya percaya hari ini, bahwa kita punya pilihan. Kita bisa memilih untuk didefinisikan oleh perbedaan kami, dan menyerah pada masa depan kecurigaan dan ketidakpercayaan. Atau kita dapat memilih untuk melakukan kerja keras menempa tanah umum, dan berkomitmen untuk terus mengejar kemajuan. Dan saya bisa menjanjikan Anda – tidak peduli apa kemunduran mungkin datang, Amerika Serikat berkomitmen untuk kemajuan manusia. Itulah siapa kita. Itulah yang telah kita lakukan. Itulah yang akan kita lakukan.

Kami mengetahui masalah yang telah menyebabkan ketegangan selama bertahun-tahun – masalah yang saya dibahas di Kairo. Dalam 17 bulan yang telah berlalu kami telah membuat beberapa kemajuan, tetapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Innocent sipil di Amerika, Indonesia, dan di seluruh dunia masih ditargetkan oleh ekstremis kekerasan. Saya telah membuat jelas bahwa Amerika tidak, dan tidak akan pernah berperang dengan Islam. Sebaliknya, kita semua harus mengalahkan al Qaeda dan afiliasinya, yang tidak mengklaim menjadi pemimpin agama apapun – tentu bukan, besar dunia seperti agama Islam. Tetapi mereka yang ingin membangun tidak boleh menyerahkan tanah untuk teroris yang berusaha untuk menghancurkan. Ini bukan tugas untuk Amerika saja. Memang, di sini di Indonesia, anda telah membuat kemajuan dalam membasmi teroris dan memerangi ekstrimisme keras.

Di Afghanistan, kami terus bekerja dengan koalisi negara-negara untuk membangun kapasitas pemerintah Afghanistan untuk mengamankan masa depan. bunga kami bersama adalah dalam membangun perdamaian di negeri yang dilanda perang – damai yang tidak menyediakan surga-aman bagi ekstremis kekerasan, dan yang memberikan harapan bagi orang-orang Afghanistan.

Sementara itu, kami telah membuat kemajuan pada salah satu komitmen utama kami – upaya kami untuk mengakhiri perang di Irak. 100.000 pasukan Amerika bisa meninggalkan Irak. Irak telah mengambil tanggung jawab penuh atas keamanan mereka. Dan kami akan terus mendukung Irak seperti yang membentuk pemerintahan inklusif dan kami membawa semua tentara kami.

Di Timur Tengah, kita telah menghadapi mulai palsu dan kemunduran, tapi kami telah terus-menerus dalam mengejar kita damai. Israel dan Palestina memulai kembali pembicaraan langsung, tetapi tetap hambatan besar. Seharusnya tidak ada ilusi bahwa perdamaian dan keamanan akan datang dengan mudah. Tapi mari ada keraguan: kita akan mengampuni tidak ada upaya dalam bekerja untuk hasil yang adil, dan itu adalah demi kepentingan semua pihak yang terlibat: dua negara, Israel dan Palestina, hidup berdampingan dalam damai dan keamanan.

Taruhannya tinggi dalam menyelesaikan masalah ini, dan yang lainnya saya telah berbicara tentang hari ini. Untuk dunia kita telah tumbuh lebih kecil dan sedangkan kekuatan yang menghubungkan kita telah melepaskan kesempatan, mereka juga memberdayakan orang-orang yang berusaha untuk menggelincirkan kemajuan. Satu bom di pasar bisa melenyapkan hiruk pikuk perdagangan harian. Satu rumor berbisik dapat mengaburkan kebenaran, dan set off kekerasan antara masyarakat yang pernah tinggal dalam damai. Di zaman yang cepat dan perubahan budaya bertabrakan, apa yang kita miliki sebagai umat manusia bisa hilang.

Tapi saya percaya bahwa sejarah baik Amerika dan Indonesia memberi kita harapan. Ini adalah cerita yang ditulis ke dalam motto nasional kita. E Pluribus Unum – keluar banyak, satu. Bhinneka Tunggal Ika – kesatuan dalam keragaman. Kami adalah dua bangsa, yang memiliki bepergian jalan yang berbeda. Namun bangsa kita menunjukkan bahwa ratusan juta yang memiliki keyakinan berbeda dapat bersatu dalam kebebasan di bawah satu bendera. Dan kita sekarang membangun bahwa kemanusiaan bersama – melalui orang-orang muda yang akan belajar di sekolah masing-masing, melalui pengusaha penempaan hubungan yang dapat menyebabkan kesejahteraan, dan melalui kami merangkul nilai-nilai demokrasi yang mendasar dan aspirasi manusia ..

Sebelumnya hari ini, saya mengunjungi masjid Istiqlal – tempat ibadah yang masih dalam pembangunan ketika saya tinggal di Jakarta. Aku mengagumi menara yang menjulang tinggi, megah kubah, dan ramah ruang. Tapi nama dan sejarah juga berbicara dengan apa yang membuat Indonesia hebat. Istiqlal berarti kemerdekaan, dan konstruksi yang berada di bagian bukti perjuangan bangsa untuk kebebasan. Selain itu, rumah ibadah bagi ribuan Muslim dirancang oleh arsitek Kristen.

Tersebut adalah roh Indonesia. Tersebut adalah pesan filsafat inklusif Indonesia, Pancasila. Di seluruh negara kepulauan yang berisi beberapa ciptaan Allah yang paling indah, pulau naik di atas samudra bernama untuk perdamaian, orang memilih untuk menyembah Allah sesuka mereka. Islam berkembang, tetapi begitu juga agama lain. Pembangunan diperkuat oleh demokrasi muncul. tradisi kuno bertahan, bahkan sebagai meningkatnya daya adalah bergerak.

Itu tidak berarti bahwa Indonesia adalah tanpa ketidaksempurnaan. Tidak ada negara. Tapi di sini dapat ditemukan kemampuan untuk menjembatani membagi ras dan wilayah dan agama – bahwa kemampuan untuk melihat diri Anda dalam semua individu. Sebagai anak dari ras yang berbeda yang datang dari negeri yang jauh, aku menemukan semangat dalam sambutannya yang saya terima pada saat pindah ke sini: Selamat Datang. Sebagai seorang Kristen mengunjungi sebuah masjid pada kunjungan kali ini, saya menemukan itu dalam kata-kata seorang pemimpin yang bertanya tentang kunjungan saya dan berkata, “Muslim juga diperbolehkan dalam gereja. Kami adalah pengikut semua Tuhan. “

Bahwa percikan ilahi terletak di dalam kita masing-masing. Kita tidak bisa menyerah pada keraguan atau sinis atau putus asa. Cerita dari Indonesia dan Amerika mengatakan kepada kita bahwa sejarah di samping kemajuan manusia, persatuan yang lebih kuat dari divisi, dan bahwa orang di dunia ini dapat hidup bersama dalam damai. Semoga kedua negara kita bekerja sama, dengan iman dan tekad, untuk berbagi kebenaran dengan seluruh umat manusia. TERIMA KASIH UNTUK SEMUA RAKYAT INDONESIA…TERIMA KASIH. ASSALAMUALAIKUM…Thanks Very Much…

2 thoughts on “ISI PIDATO OBAMA DI UNIVERSITAS INDONESIA

  1. aku bangga sebagai putra indonesia dengan pak SBY yang arif dan bijaksana dengan wawasan kedepan jauh terima kasih dan salam hangat

    >>> Jawab : Salam Hangat Buat Anda

Tinggalkan Balasan

