Bekerja · Berbagi Ilmu · Data · Dekstop · Komputer · Notebook · Proteksi · Rahasia · Tips - Tips · Windows · XP

10 CARA BEKERJA LEBIH AMAN

Keamanan komputer Anda dan data sangat penting untuk Anda dan keberhasilan perusahaan Anda. Data hilang membuat anda kebingungan, atau dicuri dapat mengungkapkan informasi rahasia anda atau perusahaan, atau mengungkapkan informasi rahasia pribadi. Semakin banyak yang Anda lakukan untuk menjaga komputer Anda agar aman semakin baik, maka informasi Anda akan lebih aman. Gunakan 10 tips ini untuk belajar cara yang dapat membantu melindungi komputer Anda, data, dan jaringan perusahaan Anda.

1. Bekerja sama dengan Technisi komputer/TI departemen Anda

Pastikan bahwa Anda menginstal semua patch dan pembaruan yang Anda rekomendasikan di komputer pribadi atau Perusahaan oleh seorang tenaga ahli atau tenaga TI perusahaan. Selain menginstal pembaruan Windows dan Office, departemen TI Anda mungkin mengharuskan Anda untuk menginstal perangkat lunak keamanan tambahan, seperti firewall atau perangkat lunak kustom untuk membantu Anda terhubung dari lokasi terpencil. Pembuatan instalasi ini akan menjaga komputer Anda dan jaringan perusahaan Anda seaman mungkin.

2. Gunakan password yang kuat

Sandi memberikan garis pertahanan yang pertama terhadap akses yang tidak sah ke komputer Anda, dan password yang baik sering diremehkan. password lemah memberikan kesempatan bagi penyerang dengan akses yang mudah ke komputer dan jaringan Anda. password kuat yang sangat sulit untuk di buka, bahkan dengan software pembuka Pasword terbaru.

Sandi yang kuat:

  • Minimal delapan karakter.
  • Tidak mengandung nama pengguna Anda, nama asli, atau nama perusahaan.
  • Tidak mengandung kata kamus lengkap.
  • Secara signifikan berbeda dari password sebelumnya. Sandi yang perubahannya hanya sedikit-seperti Password1, Password2, Password3 tidak kuat.
  • Mengandung karakter dari masing-masing kelompok berikut:

o Huruf besar dan / atau huruf kecil.
o Bilangan
o Simbol (!,@,#,$,%, dll)

3. Jangan mengaktifkan opsi Save Password

Buatlah wajib bagi Anda atau orang lain mencoba untuk mengakses komputer-untuk memasukkan sandi Anda pada semua sistem operasi atau aplikasi pengaturan. Jika kotak dialog akan meminta Anda untuk mengingat password, pilih untuk tidak menyimpan mengingat pasword anda. Membiarkan password disimpan sama halnya dengan meniadakan password sama sekali.

4. Gunakan Share file jaringan bukan share file lokal

Daripada membuka komputer Anda untuk rekan kerja, lebih baik menggunakan jaringan file share untuk berkolaborasi pada dokumen. Dan membatasi akses ke jaringan berbagi file untuk mereka yang membutuhkannya. Jika Anda bekerja dalam tim, Anda memiliki banyak pilihan-lain seperti menggunakan Microsoft Office Groove 2007 atau Microsoft Office SharePoint 2007.

5. Mengunci komputer Anda ketika Anda meninggalkan meja Anda

Jika Anda akan pergi meninggalkan komputer anda untuk sementara waktu, pastikan komputer Anda terkunci. Untuk mengunci komputer Anda dapat melakukan cara :

  1. Pada keyboard Anda, tekan CTRL + ALT + DELETE pada saat yang sama.
  2. klik  lock komputer ini (Lock Computer jika Anda menjalankan Windows XP).
  3. Untuk membuka komputer Anda, tekan CTRL + ALT + DELETE, kemudian masukkan sandi Anda.

Menu ini muncul bila anda bergabung dengan domain server

6. Gunakan password perlindungan pada screensaver Anda

Kadang-kadang Anda berada jauh dari meja Anda untuk lebih lama dari yang tak terduga. Buat sesuatu untuk membuat komputer Anda sehingga terkunci sendiri setelah jumlah waktu tertentu. dengan cara

Untuk Windows Xp

  • klik kanan pada layar desktop yang kosong
  • kemudian klik Properties,
  • kemudian klik tab Sreen Saver
  • Pilih salah satu screen saver yang anda inginkan
  • Klik Waktu (pada text box pilihan Wite) untuk waktu tampilnya Screen seaver
  • Centrang kotakOn resume, password protect
  • kemudian klik Apply” lalu “Ok

Untuk Windows Vista

  • Klik kanan ruang kosong pada desktop Anda.
  • Klik Personalize, dan kemudian klik bagian Screen Saver.
  • Tunggu perubahan waktu untuk 10 menit atau kurang.
  • Pilih On resume, password protec“.
  • Klik Apply dan Ok.

Untuk Windows 7

  • Klik kanan ruang kosong pada desktop Anda
  • Klik Personalize, Kemudian klik bagian Screen Saver.
  • Klik Waktu (pada text box pilihan Wite) untuk waktu tampilnya Screen seaver.
  • PilihOn resume, display logon screen“.
  • Klik Apply lalu klik Ok.

maka pada waktu yang telah di tentukan screen seaver akan muncul untuk menutupi layar kerja anda, dan bila tombol keyboard atau mouse di sentuh maka komputer akan meminta pasword anda. Hanya anda yang tahu pasword yang dapat membukanya kembali.

7. Mengenkripsi file yang berisi rahasia atau bisnis penting file

Jika Anda menyimpan data yang berharga dan sensitif pada komputer Anda. yang mungkin memiliki informasi sensitif tentang perusahaan Anda atau klien, atau pernyataan bank pribadi Anda pada laptop Anda yang gunakan di rumah dan di kantor. Enkripsi data Anda agar tetap aman. Untuk membantu menjaga orang yang tidak berhak mengakses data-bahkan jika komputer Anda hilang atau dicuri-Anda harus mengenkripsi semua data yang sensitif. Dalam edisi Enterprise dan Windows Vista Ultimate, Anda dapat menggunakan BitLocker ™ Drive Encryption untuk mengenkripsi seluruh volume. Pada Windows XP dan semua edisi Windows Vista, Anda dapat menggunakan Encrypting File System (EFS) untuk melindungi file penting. Disarankan untuk mempelajari cara mengenkripsi file atau folder agar tetap aman pada akan di posting untuk selanjutnya.

8. Jangan membuka e-mail yang diragukan

Jika anda mendapat pesan e-mail yang meragukan atau yang tidak anda kenal. serahkan pesan e-mail ke IT administrator Anda untuk memverifikasi e-mail anda sebelum Anda membukanya.

9. Mengenkripsi e-mail jika diperlukan

Jika Anda mengirim rahasia atau informasi bisnis penting, anda harus mengenkripsi e-mail dan file apapun yang ikut padanya. Hanya penerima yang memiliki kunci pribadi yang sesuai dengan kunci publik yang digunakan untuk mengenkripsi pesan dapat membacanya.

10. Gunakan Junk E-mail Filter di Outlook

Menerima pesan spam, atau junk e-mail, tidak hanya mengganggu. Beberapa spam dapat mencakup virus berpotensi berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada komputer Anda dan jaringan perusahaan Anda. The Junk E-mail Filter mengurangi jumlah junk e-mail, atau spam, yang Anda terima dalam Kotak Masuk Anda. Kabar baik-jika junk mail filter Anda sudah aktif, Anda selalu dapat mengubah pengaturan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s