Baso Basri · Berbagi Ilmu · Komputer · Notebook · Sekolah · Tips - Tips · XP

9 LANGKAH MEMPROTEKSI KOMPUTER DARI VIRUS

Saat ini fasilitas Internet dan jaringan lainnya sangat mungkin virus komputer komputer berkembang dengan cepat dan intensif. Setiap hari beberapa virus baru yang mampu merusak sistem komputer Anda akan muncul. Sementara software Antivirus yang selalu Update pasti ketinggalan, sebab setalah muncul virus baru beberapa waktu kemudian di buat antivirusnya. Jadi tetap komputer kita akan di serang terlebih dahulu sebelum muncul antivirusnya. Virus bisa masuk ke dalam komputer dengan cara yang berbeda. Itulah mengapa tidak ada metode sederhana untuk melindungi sistem. Hanya serangkaian tindakan dapat memberikan perlindungan handal dari infeksi. Berikut adalah 9 langkah untuk melindungi MS Windows PC berbasis sistem dari virus.

1. Buatlah backup secara teratur.

Harus diketahui bahwa tidak ada cara yang aman mutlak perlindungan. Pencipta virus akan selalu menemukan lubang dalam produk komputer baru untuk digunakan mereka neginfeksi sistem komputer. Beberapa virus yang cukup berbahaya dapat merusak file data atau bahkan menghapus seluruh file system. Buatlah backup data Anda secara teratur untuk memisahkan file-file perangkat penyimpanan. Usahakan menyimpan pada hard drive yang terpisah, kartu flash, compact disc atau perangkat lain penyimpanan file yang Anda pilih. Untuk kemudahan prosedur, Anda dapat menggunakan beberapa perangkat lunak backup otomatis. Dan siap jika sistem akan mati karena infeksi virus.

2. Siap untuk menginstal ulang sistem Anda jika rusak karena virus.

Siapkan software sistem operasi Anda dan distributives perangkat lunak yang Anda gunakan dan tetap bersatu, misalnya, CD OS dan driver komputer serta driver peralatan lainnya. Dalam hal ini jika infeksi virus akan menyebabkan kegagalan sistem dipulihkan dengan cepat Anda dapat menginstal ulang media system komputer anda.

3. Melindungi Sambungan jaringan dengan Firewall.

Firewall adalah sebuah perangkat lunak yang memblok koneksi yang mencurigakan dan mencegah virus untuk menembus jaringan ke dalam sistem Anda. Sistem Windows XP terlalu sederhana namun dapat diandalkan built-in firewall. Anda dapat mengaktifkannya dengan cara sebagai berikut.

  • Pada Control Panel, klik dua kali Networking and Internet Connections, kemudian klik Network Connections.
  • Klik kanan koneksi yang ingin anda aktifkan firewall, dan kemudian klik Properties.
  • Pada tab Advanced, pada kotak Windows Firewall klik Setting
  • Bila muncul Jendela Windows Firewall, centrang pilihan On (Recomended)

Jika anda memerlukan kendali lebih fleksibel dengan koneksi jaringan, Anda bisa mendapatkan dan menginstal perangkat lunak firewall yang lebih canggih seperti Norton Personal Firewall atau Outpost Firewall. Jika Anda menggunakan software ini Anda memiliki kemampuan untuk mengizinkan atau memblokir koneksi tertentu dan untuk memonitor aktivitas jaringan.

4. Gunakan perangkat lunak antivirus.

Menginstal perangkat lunak antivirus yang akan memindai sistem Anda mencari dan menghapus virus secara teratur. Pemimpin dalam produk perangkat lunak antivirus untuk sistem Windows adalah Norton Antivirus, McAfee, Kaspersky Anti-Virus dan PC-cilin.

5. Secara teratur memperbarui sistem operasi.

Windows XP memiliki built-in layanan update otomatis. Secara teratur kontak Microsoft server untuk menemukan pembaruan dan memberitahu Anda jika update siap untuk diinstal. Pembaruan penting karena hacker secara teratur mencari lubang-lubang di sistem operasi yang sering digunakan oleh pencipta virus (Sangat berguna bagi anda yang menggunakan Windows Original).

6. Jangan instal dan menjalankan perangkat lunak mencurigakan.

Periksa program-program baru yang akan Anda install dengan software anti-virus. Jangan download software dari situs-situs yang mencurigakan. Untuk men-download perangkat lunak selalu mencari website pencipta perangkat lunak atau distributor resmi. Jangan gunakan aplikasi yang diterima melalui email dari orang tak dikenal.

7. Membatasi akses ke komputer Anda.

Lindungi masuk ke sistem dengan password, yaitu dengan pasword user dengan maksud bila anda masuk ke system windows harus log dengan User name dan pasword

8. Jika Anda menggunakan Internet Explorer, coba pindah ke browser lain.

Karena IE adalah browser yang paling sering menjadi incaran atau di gunakan pencipta virus secara aktif menggunakan cacat pada sistem keamanan untuk menginfeksi komputer. Infeksi mungkin timbul jika Anda akan mengunjungi halaman Web yang berisi kode berbahaya yang tak terlihat. Anda lebih aman jika Anda menggunakan browser yang kurang dikenal hanya karena pembuat virus tidak banyak perhatian pada brows tersebut. Pesaing utama IE browser adalah Firefox dan Opera sekarang menyediakan antarmuka yang nyaman yang sama dan jangkauan pelayanan untuk bekerja di Web.

9. Gunakan spam perlindungan.

Virus sering didistribusikan melalui email. Mengaktifkan filter spam di kotak email Anda untuk memblokir menerima spam. Jika Anda memerlukan bantuan dengan penggunaan filter, Anda dapat meminta penyedia layanan email Anda.

Semoga bermanfaat

One thought on “9 LANGKAH MEMPROTEKSI KOMPUTER DARI VIRUS

  1. Satu lagi tambahan gan..
    jangan sembarang nyolokin FD ke kompi kita..
    maksudnya jangan tuker2an FD gitu..

    >>>Jawab : Pengaruhnya apa??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s