Campuran · Tips - Tips

MEMBAKAR DIRI, NEGERI DAN SAUDARA SENDIRI

Apa rasanya membakar diri, membakar negeri atau membakar saudara sendiri? Jika Anda sulit untuk membayangkan, sebuah poster kampanye anti rokok asal Arab Saudi ini bisa menjadi jawaban.

Anti Rokok

AntiSmoke.org, sebuah asosiasi Anti Rokok dari Kerajaan Saudi Arabia, mengambarkan sisa puntung rokok yang membentuk beragam manusia, perempuan dan laki-laki. Poster lainnya, menampilkan puntung rokok yang berbentuk gedung dan bangunan. Pesan utama yang diangkat adalah, “Jangan Bakar Diri dan NegeriMu”.

Apakah poster semacam ini dapat efektif jika dipasang di Indonesia? Menurut saya, kedua poster ini tak cukup kuat untuk membuat orang berpikir untuk berhenti merokok. Teks yang menggunakan huruf Arab, bisa jadi hanya akan cocok di pasang di negeri yang memang berbahasa Arab. Walaupun misalnya di pasang di dekat surau, atau di pesantren-pesantren, yang secara umum sangat dekat dengan bahasa itu, poster itu pun kurang kuat untuk berbicara. Apalagi misalnya, dengan tradisi merokok yang kuat di kalangan kyai-kyai pesantren disana. Hanya, eksekusi dari poster tersebut yang cukup menarik untuk dilihat.

Anti Rokok



NO SMOKING
NO SMOKING

DENGAN HAL INI DAPAT DISIMPULKAN BAHWA BAHAYA MEROKOK SANGAT BESAR DAMPAKNYA TIDAK HANYA BUAT DIRI KITA SENDIRI, MELAINKAN SEMUA ORANG..

SELAMAT MALAM PEMBACA, APAKAH ANDA SUDAH MENGERTI TENTANG BAHAYA MEROKOK ???

One thought on “MEMBAKAR DIRI, NEGERI DAN SAUDARA SENDIRI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s