BASO BASRI

MENGGAPAI SUKSES…. WELCOME IN MY BLOG, Blog Ini Saya Buat, Karena Saya Ingin Mempelajari Dunia Komputer Lebih Luas. Karena Bagi Saya Ilmu Pendidikan Itu Tidak Ada Batasnya, Berhubung Saya Adalah Seorang Siswa Yang Memiliki Keahlian Di Bidang Komputer Jaringan Ini, Oleh Karena Itu Saya Mohon Kerja Samanya Pada Temen – Temen Sekalian, Saya Harap Temen – Temen Mau Membantu Saya Untuk Mendalami Ilmu Tekhnologi Informasi Dan Jaringan Ini, Terima Kasih ^_^

KONFIGURASI DASAR SWITCH CISCO CATALYST 2960

Ada teman yang nanyain gimana cara set switch cisco catalyst 2960. Yang dasar aja bro gak perlu yang ribet banget asal bisa di remote untuk cek traffic, cek server yang aktif dan matikan interface tanpa perlu cabut kabel. Ok, nih konfigurasinya sebagai berikut.

Pertama pasang cable console ke switch dan hubungkan ke PC pada port serial, kemudian kalo pake windows XP buka aplikasi Hyper terminal

Kemudian isi terminal misalkan “switch” klik OK
pilih com1 lalu klik OK
Pilih bits per second 9600, databits 8, parity none, stop bits 1, parity control none klik OK
Press RETURN to get started!
tekan enter…
Switch>
Switch>enable
Switch#clock set 12:45:00 12 October 2008
Switch#config terminal
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Switch(config)#hostname Testing
Testing(config)#enable secret cisco123
Testing(config)#line vty 0 4
Testing(config-line)#password cisco
Testing(config-line)#login
Testing(config-line)#exit
Testing(config)#interface vlan 1
Testing(config-if)#ip address 192.168.1.10 255.255.255.0
Testing(config-if)#no shutdown
%LINK-5-CHANGED: Interface Vlan1, changed state to up
%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface Vlan1, changed state to up
Testing(config-if)#
Testing(config)#int fa0/1
Testing(config-if)#duplex ?
auto Enable AUTO duplex configuration
full Force full duplex operation
half Force half-duplex operation
Testing(config-if)#duplex full
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/1, changed state to up
%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface FastEthernet0/1, changed state to up
Testing(config-if)#speed ?
10 Force 10 Mbps operation
100 Force 100 Mbps operation
auto Enable AUTO speed configuration
Testing(config-if)#speed auto
Testing(config-if)#description koneksi Server Email
Testing(config-if)#no shutdown
Testing(config-if)#exit
Testing(config)#int fa0/2
Testing(config-if)#duplex full
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/2, changed state to up
%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface FastEthernet0/2, changed state to up
Testing(config-if)#speed auto
Testing(config-if)#description koneksi Server Dns
Testing(config-if)#no shutdown
Testing(config-if)#exit
Testing(config)#exit
Testing#copy running-config startup-config
Destination filename [startup-config]?
Building configuration…
[OK]
Testing#
Untuk mengecek bisa mengetikan perintah
show ?
show running-config
show interface status
show interface summary
show host
dll…

Selamat Mencoba Kawan…!!!
About these ads

5 responses to “KONFIGURASI DASAR SWITCH CISCO CATALYST 2960

  1. Krisna Shop 24 Maret 2011 pukul 9:01 am

    hwaduhh puyeng bacanya hehe..
    saya baca-baca mikrotik aja dah puyeng apalagi inih :mrgreen:

    numpang lewat aja deh.. salam kenal ya bro :razz:

  2. omi 23 April 2011 pukul 3:02 pm

    cek : padepokanweb.com

  3. Anonymous 12 Januari 2012 pukul 7:45 pm

    Maaf bos, artikel ini bukannya dari link nsunz.blogspot.com
    ^_”
    Link nya tolong dilampirkan juga ya bos.
    makasih.

  4. nduy 13 Juni 2012 pukul 8:37 am

    sumpah ngebantu banget.. thanks buat artikel nya..

  5. Anonymous 12 Juli 2013 pukul 2:03 pm

    tambahin penjelasan mengenai catalystnya dikit lebih baguus :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: