BASO BASRI

MENGGAPAI SUKSES…. WELCOME IN MY BLOG, Blog Ini Saya Buat, Karena Saya Ingin Mempelajari Dunia Komputer Lebih Luas. Karena Bagi Saya Ilmu Pendidikan Itu Tidak Ada Batasnya, Berhubung Saya Adalah Seorang Siswa Yang Memiliki Keahlian Di Bidang Komputer Jaringan Ini, Oleh Karena Itu Saya Mohon Kerja Samanya Pada Temen – Temen Sekalian, Saya Harap Temen – Temen Mau Membantu Saya Untuk Mendalami Ilmu Tekhnologi Informasi Dan Jaringan Ini, Terima Kasih ^_^

MENGHAPUS SALAH SATU OS ( OPERATING SYSTEM ) dari SALAH SATU BOOT

Menghapus salah satu OS (operating system) dari daftar boot, mungkin bukan merupakan sesuatu yang baru bagi Anda. Namun, saya rasa banyak juga yang belum tahu bagaimana cara menghapusnya. Dan kebetulan ada seorang teman Dunia Komputer di facebook Anda yang bertanya. Pertanyaannya seperti ini:

bos aq mo nanyak nieh gimana caranya ngilangin salah satu system pada pc kalo pcnya ada 2 system. Saya langsung aja suruh diformat salah satu. Namun langsung dibalas sama sobat yang satu ini maunya sih biar ga pake mormat bos…bisa ga???

OK. Kita lanjut lagi ke topik artikel ini. Sebelumnya saya ingin jelaskan terlebih dahulu apa yang saya maksud dengan daftar OS pada boot. Biasanya jika Anda menggunakan 2 operating system, misalkan Windows XP Professional dan Windows XP Home Edition, maka pada saat booting Anda akan menemukan 2 buah pilihan OS. Anda tinggal pilih, ingin logon ke Windows XP Professional atau Windows Home dengan memilih salah satu pilihan tadi. Sekarang bagaimana cara menghilangkan salah satu operating system tanpa melakukan format? Misalkan Anda ingin menghilangkan Windows XP Home Edition. Caranya adalah dengan menghapus operating system itu dari daftar boot. Dimanakah daftar boot tersebut?

Windows XP menyimpan daftar operating system pada sebuah file namanya “boot.ini”. File ini terletak pada drive “C:” lengkapnya “C:boot.ini.”. Yang akan kita lakukan sekarang adalah meng-edit file boot.ini tersebut untuk menghapus salah satu OS. Untuk itu ikuti langkah-langkah di bawah. Namun perlu saya ingatkan, tips ini saya berikan dengan asumsi drive C: sebagai drive tepat terinstallnya Windows XP professional.

  1. Buka file boot.ini yang teletak di C:boot.ini. Namun, biasanya file ini tidak akan kelihatan jika Anda menset komputer agar tidak menampilan file operating system. Untuk itu, buka saja melalui Run dengan mengetik “c:boot.ini” (tanpa tanda petik).
  2. File boot.ini defaultnya akan terbuka di notepad. Setelah terbuka, Anda akan melihat tulisan seperti gambar dibawah

  3. click gambar untuk memperbesar

  4. Sebelum kita melakukan editing file boot ini, sebaiknya Anda backup dulu dengan membuat sebuah copy dari file tersebut. Nanti apabila terjadi kesalahan, Anda bisa mengcopynya lagi.
  5. Sekarang, tentukan os yang akan dihapus. Karena pada kali ini yang kan kita hapus adalah Windows XP Home maka cari tulisan seperti ini:
    multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)WINDOWS=”Microsoft Windows XP Home Edition” /noexecute=optin /fastdetect /usepmtimer 

    click gambar untuk memperbesar

  6. Setelah Anda tentukan, hapus semua tulisan seperti diatas tadi, sehingga hasilnya seperti gambar di bawah

  7. click gambar untuk memperbesar

  8. Kemudian simpan file boot.ini tersebut dan restart komputer Anda.

Setelah komputer mulai booting, coba perhatikan layar Anda. Apakah daftar operating system masih muncul? Jika ya berarti, Anda berhasil. Jika Anda salah menghapus, biasanya Anda akan boot ke operating system yang seharusnya Anda hapus. Jika hal tersebut terjadi, ulangi langkah-langkah diatas dengan mengcopy kembali isi file backup Anda dan mempastenya di file asli. Kemudian hapus os yang satunya.

Demikian tips cara menghapus salah satu os dari salah satu boot. Semoga bermanfaat. Jika Ada pertanyaan, saran atau tambahan dari rekan-rekan, silahkan poskan dikolom komentar. Bisa juga melalui Facebook Sahabat Bhasoe….Semoga Bermanfaat…

About these ads

2 responses to “MENGHAPUS SALAH SATU OS ( OPERATING SYSTEM ) dari SALAH SATU BOOT

  1. alemsandro 31 Oktober 2011 pukul 3:58 am

    Mau tanya mas. Pc saya pake dual boot, windows xp dan windows 7. Tapi waktu instal windows 7 itu terjadi hang lalu saya matikan pc secara paksa dan saya ulangi prosesnya dari awal, dan berhasil. Masalahnya saat booting ada 3 pilihan SO (seharusnya kan 2) yaitu earlier version of windows, windows 7 dan windows 7. Kalo yg ke 3 diklik langsung tampil error disuruh masukin cd, bla..bla..bla. Kalo yg ke dua berhasil masuk ke windows 7. Gimana ya mas kalo mo ngilangin wins7 yg error tsb. Mohon pencerahannya. Terima ksh banyak.

  2. Spaniard 26 27 Mei 2012 pukul 12:32 pm

    Maaf gan !!
    Buka sok tahu atau sok menjadi guru
    tetapi sebaiknya partisi tempat OS yang telah dihapus dari list di file boot.ini juga sebaiknya dihapus partisinya
    kan bagus buat tempat nyimpan file ..

    Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: