BASO BASRI

MENGGAPAI SUKSES…. WELCOME IN MY BLOG, Blog Ini Saya Buat, Karena Saya Ingin Mempelajari Dunia Komputer Lebih Luas. Karena Bagi Saya Ilmu Pendidikan Itu Tidak Ada Batasnya, Berhubung Saya Adalah Seorang Siswa Yang Memiliki Keahlian Di Bidang Komputer Jaringan Ini, Oleh Karena Itu Saya Mohon Kerja Samanya Pada Temen – Temen Sekalian, Saya Harap Temen – Temen Mau Membantu Saya Untuk Mendalami Ilmu Tekhnologi Informasi Dan Jaringan Ini, Terima Kasih ^_^

PENGERTIAN KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER

Pengertian & Komponen-komponen Komputer

Pengertian Komputer

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut

1. Input Device, adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.

2. Prosesor, adalah perangkat utama komputer yang   mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu ;

  • Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
  • Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).

3. Memori adalah media penyimpan data pada komputer.

Memori terbagi atas dua macam, yaitu ;

  • Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :
  • · PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
  • · RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
  • · EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yangdapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
  • · EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM dengan menggunakan teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
  • Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.

4. Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

Komponen-Komponen Komputer

Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;

1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;

  • Input/Output Device (I/O Device) Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
  • Storage Device (perangkat penyimpanan) Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
  • Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
  • Casing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
  • Central Procesing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.

2. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;

  • Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
  • Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
  • Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
  • Program Paket, seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
  • Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa

pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu ;

o Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama,bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.

o Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).

o High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai cirri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, dBase, Visual Basic, VB.Net dll.

3. Brainware (User),

User adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.

Demikian PENGERTIAN KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER Semoga bermanfaat. Jika Anda pertanyaan, saran atau tambahan dari rekan-rekan, silahkan poskan dikolom komentar. Bisa juga melalui Facebook Sahabat Bhasoe….Semoga Bermanfaat…

About these ads

27 responses to “PENGERTIAN KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER

  1. Vinna Lestari 29 Juni 2010 pukul 9:10 am

    Mohon kirim arti komputersasi

    >>> Jawab : Tunggu Yaah

  2. aafsa 27 November 2010 pukul 12:39 am

    kurang lengkapp nih broo

  3. yuli 28 Desember 2010 pukul 8:55 am

    kalo “KOMPONEN UTAMA KOMPUTER” apaapa? mslhnya z dpt digoogle jwabanya beda beda. klo menurut kita komponen utama komputer apa apa?

  4. Baso Basri 29 Desember 2010 pukul 8:00 am

    Secara umum komputer terbagi menjadi 3 bagian dalam kegiatan kerjanya, yaitu :

    1. Input
    2. Proses
    3. Output

    Secara sederhana sistem kerja sebuah komputer itu diawali dengan sebuah masukan (input) dari user yang kemudian di proses oleh CPU (Central Processing Unit) untuk selanjutnya di ambil tindakan untuk menghasilkan sesuatu yang disebut sebagai ouput (keluaran).

    ioKesemua bagian sistem kerja diatas mewakili komponen-komponen komputer yang terlibat. Berikut ini adalah komponen-komponen komputer yang terlibat dalam tugas sistem kerja komputer :

    1. Alat Input
    * Mouse
    * Keyboard
    * Fingger Print
    * Web Camera
    * Scanner
    2. Alat Output
    * Monitor
    * Printer
    * Speaker
    * Headset
    3. Alat Proses (CPU)
    * Processor
    * Mainboard/MotherBoard
    * RAM (Random Access Memory)
    * Harddisk
    * VGA Card
    * Sound Card

    Selain alat-alat yang disebutkan diatas masih banyak alat dukungan tambahan yang membantu kinerja sebuah komputer, yang kesemua alat tambahan tersebut tergantung kepada kebutuhan pemakai.

  5. Samman Ardian 23 Januari 2011 pukul 6:44 am

    Kenapa Pentium 4 lebih cepat dari pentium 1, 2 dan 3 ?

    >>> Jawab : pentium 1 :
    sangat kecil dlm berbagai hal mulai dr procesor, ram, Hardisk,,dll

    pentium 2: tdk jauh berbeda dg P1, hnya saja pada procesornya saja yg lebih besar

    pentium 3: disinilah letak perubahan komputer, selain procesor yg sudah cukup besar, memory dan hardisk pun jg bisa di isi dgn yg lebih besar,,, bahkan P3 ini sudah bisa di upgrade procesornya

    pentium 4: disinilahletak kejayaan suatu komputer, dimana hardwarenya sudah mendukung semuanya,,bahkan sampai melebihi batas yg kita perkirakan,,,

    tetapi komputer tdk akan punah, skr muncul Core 2 Quad,,,
    dan besok akan mncul yg lainnya.

  6. kurjai 24 Februari 2011 pukul 5:30 am

    tolong dong kasih tau cara sistem operasi windows…..???

  7. ardhy 12 Maret 2011 pukul 12:28 pm

    bagus perlu di tingkatkan

  8. ana 27 April 2011 pukul 1:10 am

    karya’y selalu bertambah aja.
    cara merawat komponen’ komputer agar basa lebih awet gimana.,?

  9. Farah 29 Mei 2011 pukul 11:51 am

    trims yaa jd bisa ngarap soal sem 2 kelas 5

  10. Anonymous 19 Juli 2011 pukul 12:29 pm

    SAYA SENANG ORANG BONE BISA BERBUAT SEPERTI INI, SAYA GURU TIK MERASA TERTOLONG

  11. Anonymous 23 Agustus 2011 pukul 10:16 am

    ini persis sama kayak buku TIK SMPK BPK PENABUR.

  12. Anonymous 1 September 2011 pukul 8:21 am

    mas kalo motherboard sama processor itu lain yh ?

  13. Alfi 18 September 2011 pukul 12:56 pm

    makasii infonyaa yah , alhamdulillah sesuatu bangetss =DD

  14. RAHMA 3 Oktober 2011 pukul 10:22 am

    gOOd LucKK yooo
    Moga qm Biza MEggapai sMUA cita2 yG iNGIN qM gPAI…?

  15. Anonymous 19 Oktober 2011 pukul 4:40 am

    SOK IMUTTTTTTTTT….
    BENCONG KAH BOZ <<< BACA

  16. lili 22 November 2011 pukul 4:16 am

    siippppp…..

  17. wahied syamal 3 Desember 2011 pukul 7:41 am

    asiiikkkk eeee…

  18. ilham iyonu 6 Desember 2011 pukul 11:20 am

    KAsih Donk Caranya Hacking-Hacking Komputer…???? :p

  19. armnie exchanger 16 Januari 2012 pukul 4:22 am

    not bath

  20. Anonymous 24 Januari 2012 pukul 11:53 am

    aq punya internet tp jan kutu buku bget mslh instal gk bs…..jg kalo ad kendala rusak….ap bleh ksih tau cara …program windos…mksi

  21. hamba allah 23 Februari 2012 pukul 1:30 pm

    maju terus indonesia,,, untuk rakyat… kembangkan kn lgi thnologi diklangn rakyt kecil…. agr hidup jadi setara dengan pejabat

  22. hamba allah 23 Februari 2012 pukul 1:32 pm

    ghimn yyyyyyyyyyy cra mengethui pengertian bgian komputer… scra detail

  23. Anonymous 8 Maret 2012 pukul 5:20 pm

    bagaimana sih operasi dasar tiap komponen dalam komputer tersebut???? mohon dijelaskan secara detail….

  24. Pingback: Komponen Komponen Komputer | sifaramdan

  25. fatum anisa 11 September 2013 pukul 2:18 am

    toLong dong gambar Nya di gede in

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: