BASO BASRI

MENGGAPAI SUKSES…. WELCOME IN MY BLOG, Blog Ini Saya Buat, Karena Saya Ingin Mempelajari Dunia Komputer Lebih Luas. Karena Bagi Saya Ilmu Pendidikan Itu Tidak Ada Batasnya, Berhubung Saya Adalah Seorang Siswa Yang Memiliki Keahlian Di Bidang Komputer Jaringan Ini, Oleh Karena Itu Saya Mohon Kerja Samanya Pada Temen – Temen Sekalian, Saya Harap Temen – Temen Mau Membantu Saya Untuk Mendalami Ilmu Tekhnologi Informasi Dan Jaringan Ini, Terima Kasih ^_^

CARA MERAKIT PC ( KOMPUTER )

Perakitan PC

Perakitan PC

Ini adalah cara bagaimana kita merakit sebuah Komputer, ini saya tulis beberapa bulan yang lalu, namun karena tulisan ini mungkin agak ribet & panjang, tulisan ini sudah saya perbaharui dan lebih praktis, bila teman-teman ingin MERAKIT SEBUAH KOMPUTER DENGAN LEBIH PRAKTIS, bisa mengklik di CARA & TIPS MERAKIT KOMPUTER ( yang sudah di perbaharui )

Langkah Demi Langkah Merakit Komputer

Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara merakit komputer, terutama bagi mereka yang baru belajar .. dari beberapa referensi yang saya pelajari .. maka berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara merakit komputer, mudah-mudahan bermanfaat .. Red. deden

Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:

A. Persiapan
B. Perakitan
C. Pengujian
D. Penanganan Masalah

Persiapan

Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:

1. Penentuan Konfigurasi Komputer
2. Persiapan Kompunen dan perlengkapan
3. Pengamanan

Penentuan Konfigurasi Komputer

Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

Persiapan Komponen dan Perlengkapan

Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:

* Komponen komputer
* Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
* Buku manual dan referensi dari komponen
* Alat bantu berupa obeng pipih dan philips

Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi.

Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.

Pengamanan

Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:

* Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
* Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.

BERIKUT ADALAH  LANGKAH-LANGKAHNYA :

Perakitan

Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:

1. Penyiapan motherboard
2. Memasang Prosessor
3. Memasang heatsink
4. Memasang Modul Memori
5. memasang Motherboard pada Casing
6. Memasang Power Supply
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
8. Memasang Drive
9. Memasang card Adapter
10. Penyelesaian Akhir

1. Penyiapan motherboard

Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.

2. Memasang Prosessor

Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket

1. Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
3. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
4. Turunkan kembali tuas pengunci.

Jenis Slot

1. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
2. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak

Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot.

3. Memasang Heatsink

Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.

4. Memasang Modul Memori

Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.

Jenis SIMM

1. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
2. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
3. Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.

Jenis DIMM dan RIMM

Cara memasang modul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan

1. Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
2. sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
3. Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.

5. Memasang Motherboard pada Casing

Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Cara pemasangannya sebagai berikut:

1. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
2. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
3. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
4. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
5. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.

6. Memasang Power Supply

Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut:

1. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
2. HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.

7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing

Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/O pada motherboard dan panel dengan casing.

1. Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
2. Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
3. Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
4. Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
5. Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
6. Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.

8. Memasang Drive

Prosedur memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut:

1. Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
3. Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
4. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
5. Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
6. Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
7. Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.

8. Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard
Sambungkan kabel power dari catu daya ke masing-masing drive.

9. Memasang Card Adapter

Card adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya. Cara memasang adapter:

1. Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard
2. Pasang sekerup penahan card ke casing
3. Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.

10. Penyelessaian Akhir

1. Pasang penutup casing dengan menggeser
2. sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
3. Pasang konektor monitor ke port video card.
4. Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
5. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
6. Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.

Pengujian

Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:

1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.

Setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.

Penanganan Masalah

Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:

1. Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
2. Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/

LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung.  Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Sumber : http://www.google.com

KLIK DISINI UNTUK BERBAGI ILMU…

Demikian tips CARA MERAKIT PC ( KOMPUTER ). Jika Ada pertanyaan, saran atau tambahan dari teman-teman, silahkan poskan dikolom komentar. Bisa juga melalui Facebook Sahabat Bhasoe….Semoga Bermanfaat…

Berita Lainnya..

CARA INSTALL WINDOWS XP PROFESSIONAL

BUNYI BEEP PADA KOMPUTER

TIPS MERAWAT USB FLASHDISK

CARA DAN TIPS MERAKIT KOMPUTER

CARA DAN TIPS MERAWAT KOMPUTER

KOMBINASI KEYBOARD PADA WINDOWS

About these ads

35 responses to “CARA MERAKIT PC ( KOMPUTER )

  1. leni 9 Juni 2009 pukul 8:57 am

    thanks ya

  2. umar 13 Juni 2009 pukul 5:53 am

    gimana seah cara merakit komputer pc dengan baik….. n yg lebih efesien…. klo pke prngkt yg baru dan yg bekas… mohon bantuannya…
    thx…

  3. Baso 14 Juni 2009 pukul 2:27 pm

    mungkin emang bnyak kesulitan yang kita alami saat merakit sebuah pc, tapi perlu di ingat di dalam merakit pc atau kmputer perlu ketelitian yang sangat seriuz..
    kalau yang baru mungkin masih bisa dengan mudah kita merakit nya tapi kalau udah bekas perlu di cek dulu semua perangkatnya, apakah sudah layak di pakai atau belum..

  4. Fajar 6 Juli 2009 pukul 2:53 pm

    oea….
    sekedar tambahan dari saya

    merakit komputer itu tidak semudah membaca atau menulis tutorialnya (ya iya lah….)

    mksudnya, kalau mau mahir harus sering merakit komputer biar ngerti kira2 hambatan2 apa yang akan kita temui ketika merakit sebuah komputer

    misalnya saja, dalam pemasangan drive tergantung pada casing-nya bisa dari depan atau dari dalam

    yang biasa pk IDE mgkn perlu adaptasi untuk merakit yg SATA, begitu pula sebaliknya

  5. abdul 25 November 2009 pukul 8:41 am

    ya saya sangat tua tentang pc adn saya lebi tau tentang computer…………?

    >>>Jawab : Saya Siap Belajar Dan Berbagi Ilmu..!!!

  6. John 1 Desember 2009 pukul 9:15 pm

    Trims ! , toritorialnya moga bermanfaat !

    >>>Jawab : Amiin

  7. John 1 Desember 2009 pukul 9:16 pm

    Di sambung lagi yach!tx

    >>>Jawab : Ok.

  8. fais 23 Desember 2009 pukul 6:09 am

    bagaimana cara instalasi dan configurasi statik routing pada router

    >>>Jawab : Ditunggu Aja Postingan nya…

  9. romanisti 25 April 2010 pukul 4:35 am

    gue baruu belajar mohon bantuanyeeeeeee oke

    >>>Jawab : Siap..

  10. andim 20 Mei 2010 pukul 6:50 am

    1 aj kurangx k, , ,ko g nampilin gambarnya, , ,itu aj

  11. andim 20 Mei 2010 pukul 6:51 am

    kutang gambarnya aj

  12. Ulil AbsoR 20 Juli 2010 pukul 5:32 am

    Mz aku salut sama mz, walaupun masih muda tapi sudah banyak mempunyai skill dan potensi yang baguz. aku pengen spt mz, gimana towh maz caranya biar mudah belajar memahami seluk beluk tentang ilmu komouter……..?

    >>> Jawab : Terima Kasih Mas Atas Pujiannya, Saya Juga Masih Harus Belajar Banyak Ko..Caranya Gampang Ko Mas, Mas Tinggal Pahami Aja Tentang Dunia Komputer Dan Sering Sering Baca Artikel Tentang Komputer, Insya Allah Dijamin Pasti Mas Dapat Memahami Tentang Komputer…

  13. ulil absor 22 Juli 2010 pukul 2:53 am

    Aslmualaikum…. mt pgi mz….., MZ Q MW Tanya lagi gmna caranya biar q bisa kreatif spt mz……..? cz saat ini kn q bkrja d warnet, kmudian boozz q bilang ma q ntr kalau q memang dah mahir betul dalam menguasai seluk beluk komputer maka Bozz q akan buka cabang lg, dan q yg akan d suruh Hendle sendiri ……., menurut pendapat Mz Basri gmn……? q mohon arahan dari mz…….

    >>> Jawab : Walaikumsallam Wr.Wb…Banyak Cara Mas Menuju Roma, Hhee..( Sok Banget Yah ) Engga, Gini Loh Banyak Banget Cara Supaya Kita Bisa Kreatif, Kalo Saya Cukup Dengan Membaca dan Memahaminya Aja.Naah Kalo Ini Tergantung Mas nya Gimana?? Kalo Pendapat Saya Sih Lebih Enak dan Lebh Klop Kalo Mas Sering2 Bertanya Pada Teman Mas Yang Juga Pinter Dalam Dunia Komputer..Dengan Begitukan Mas Bisa Dapat Ilmu Lebih Selain Dari Membaca Juga…

  14. NewTikunk 30 Juli 2010 pukul 1:01 pm

    Thanks ya…. :)

    >>> Jawab : :)

  15. dedek 25 Agustus 2010 pukul 3:14 am

    hai… aku adek,
    aku mau share ne tentng tkj,
    mengapa sefch pelajaran tkj tuch sulit klu gag peraktek, tapi kan awanya teori yang mendasar menjadi panduan…

    >>> Jawab : Hy Juga…Memang segala sesuatu itu kalau kita hanya bisa memahami Teori kita akan sulit untuk praktek,,tapi sebaliknya kalau kita sudah bisa Praktek Insya Allah kita akan mudah memahammi Teorinya,,jadi Intinya..Perbanyaklah Praktek dari pada Teori…!!!

  16. fukyu 30 September 2010 pukul 6:58 am

    lumayan buat belajar ngrakit2….nice info gan

    >>> Jawab : Semoga Bermanfaat Gan…

  17. Pingback: CARA & TIPS MERAKIT KOMPUTER « Mastinojokonugroho's Blog…

  18. rino 17 November 2010 pukul 10:29 am

    wah, singgah di blognya kamu kaya’ orang kepanasan numpang berteduh, jadi keenakan malas keluar,ampe ketiduran, kamu pasti pake pelet pengasihan ya?…ayo ngaku

    >>> Jawab : Wah Bisa Aja Neh Mas,, Hehehe

  19. nur aqmarina ramadhan 14 Januari 2011 pukul 4:19 am

    kak basri aq blh nanya gk

    >>> Jawab : Silahkan…

  20. Pingback: tips merakit komputer « tkjokepunya9

  21. devi 3 Oktober 2011 pukul 1:31 am

    waaah bagus tu tipsnya………………

    q jdi tmbah smngt mmpljriny,……..

  22. Pingback: Merakit PC « kukuh19

  23. Rudy 30 Oktober 2011 pukul 8:59 am

    Waduh ribet juga klo baca truz nda punya dasar,,,bingungggg,,,
    boleh belajar nda tentang ilmu komputer sama mas broww,,,?

  24. Anonymous 4 November 2011 pukul 5:43 am

    nice info gan :)

    kunjungan dan komentar balik ya

  25. deleted 4 November 2011 pukul 5:44 am

    nice info gan :)

    kunjungan dan komentar balik ya

    dari http://diketik.wordpress.com

  26. tatar_adi 9 Desember 2011 pukul 3:14 am

    MAksih atas ilmunya…yaa

  27. tatar_adi 3 Januari 2012 pukul 2:37 pm

    Terimakasih ya, atas info & ilmuya… bagus tulisannya

  28. ronnyfasla 11 Januari 2012 pukul 2:47 am

    tks,infonya,untuk menambah wawasan.

  29. sena 27 Januari 2012 pukul 10:47 am

    mas gimana bisa mendapatkan windows xp ?

  30. sena 27 Januari 2012 pukul 10:48 am

    oh ya mas dan office window 7 atau sebelumnya makasih ..?!

  31. dhiean 10 Februari 2012 pukul 3:25 pm

    thanks bgd bwt post’a..
    alhmdlllh tgas q slesai jga…
    always succes

  32. yuliana 8 Maret 2012 pukul 2:39 am

    waaahhh bagus
    tipsnya bagus sekali untuk dibaca dan dipelajari…..
    terima kasih atas informassinya….
    alangkah baik nya kita saling berbagi informasi dengan mengunjungi website kami http://ict.unsri.ac.id
    terimah kasih..

  33. Pingback: Cara merakit Komputer « nurjannahanz

  34. Pingback: webUSMAN » Cara Merakit Komputer

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: